marketing premium casio

cintabella. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 03 Desember 2012

standart keyboard

Photobucket


Kesiapan dalam mempelajari instrumen standart keyboard casio tahap awal


A. Kesiapan perkembangan otot motorik halus: kontrol koordinasi jari-jari dan tangan
  • Mampu mengangkat masing-masing jari tangan tanpa rasa sakit dan cukup kuat untuk menekan tuts standart keyboard casio - Jari-jari mempunyai ukuran yang cukup besar untuk membentuk posisi bermain instrumen standart keyboard casio. Misalnya: pada instrumen standart keyboard casio - jari-jari sudah berada dalam posisi lima jari, dimana setiap jari sudah berada tepat di masing-masing tuts piano (C D E F G)
  • Pada instrumen tiup, sebaiknya anak memulai mempelajari instrumen ini, apabila anak mempunyai gigi tetap (karena tekanan udara dari meniup), badan yang cukup besar/kuat untuk menopang instrumen, mulut yang kuat, perkembangan otot bibir yang baik, dan kemampuan meniup yang baik pula
  • Pada pelajaran vokal, lebih baik dimulai apabila anak telah mengalami perubahan suara (setelah proses puber). Karena setelah perubahan suara tsb., otot-otot yang diperlukan dalam bernyanyi telah berkembang dengan sempurna dan siap untuk dilatih. Apabila latihan vokal tidak dilakukan dengan benar, maka dikhawatirkan pita suara dapat menjadi rusak. Sampai saatnya tiba, fokuskan anak untuk mempelajari instrumen lain yang akan mendukung pembelajaran vokal di masa yang akan datang.

B.Daya tangkap, perhatian, dan konsentrasi (minimal sekitar 10-15 menit)

C.;Kesiapan kognitif

(*Kognitif: mencakup semua hal yang berhubungan dengan penerimaan serta pemahaman informasi, yaitu pengetahuan, pengertian, pemahaman - logika & assosiasi) 

D.Pengetahuan dasar berhitung (1234), membaca (ABCDEFG), dan menulis

E. Kesiapan sosial

Mampu berinteraksi dengan orang lain, mampu menerima keberadaan orang lain, dan mengekspresikan dirinya (kontak mata, menjawab pertanyaan, mampu menerima instruksi, pujian, toleransi, menghadapi tantangan, dll.)

Setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda-beda - ada anak yang mempunyai perkembangan motorik halus yang luar biasa cepat pada usia 4 tahun; ada pula anak yang baru mempunyai perkembangan motorik halus yang baik pada usia 8-9 tahun.

Perkembangan setiap anak sangat bervariasi, oleh karena itu sudah merupakan tanggung jawab orang tua untuk mengobservasi perkembangan anak dan menentukan apakah anak Anda siap untuk mempelajari instrumen standart keyboard casio.

Apabila anak belum mempunyai otot motorik halus yang cukup kuat, lebih baik tundalah dulu pelajaran instrumen standart keyboard casio anak untuk setahun ke depan. Karena apabila dipaksakan, maka otot motorik halus anak dapat mengalami cidera, yang berujung pada posisi bermain yang salah. Kebiasaan yang buruk ini akan sulit diubah, karena telah berakar kuat dalam diri anak.

Semuanya tergantung dari sang anak Anda memainkan standart keyboard casio

Tidak ada umur yang pasti yang bisa ditentukan, apakah anak Anda siap untuk mempelajari instrumen standart keyboard casio?

Semuanya tergantung dari perkembangan, minat, dan bakat sang anak Anda. Mempelajari instrumen ‘terlalu dini’ (*anak belum siap) dikhawatirkan akan membuat anak putus/berhenti untuk bermain instrumen standart keyboard casio di tengah jalan, karena mereka memulai pelajaran formal terlalu awal pada usia dua dan tiga tahun.

Umumnya anak akan mengalami kesulitan untuk menangkap materi yang diberikan, karena materi terlalu sulit dimengerti bagi anak usia dini. Mulailah pelajaran bermusik untuknya lebih awal hanya jika Anda mempunyai waktu dan energi untuk berlatih bersamanya setiap hari, dan pengamatan yang jelas untuk menghentikan kegiatan bila motivasinya menurun.

Belajar membaca adalah pekerjaan yang berat; demikian pula belajar untuk memainkan alat musik standart keyboard casio. Melakukan keduanya sekaligus tidak menyisakan banyak waktu untuk bersenang-senang, relaksasi, atau menguasai ketrampilan sosial.